Ikan Asin Asal Seruyan Ini Diburu Warga Kalimantan Barat

  • Oleh Reno
  • 26 Mei 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Hasil pengolahan ikan asin asal Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan ternyata diminati warga di Provinsi Kalimantan Barat.

Tidak jarang ikan asin hasil olahan tangan warga pesisir Bumi Gawi Hatantiring ini selalu diminati, selain terkenal murah, kualitas ikan asin juga dinilai cukup baik.

Ikan asing yang sering diminta warga Kalimantan Barat ini di antaranya adalah ikan asin otek, tenggiri dan sembilang. Bahkan yang paling diminati adalah ikan asing Otek.

Ikan asin Otek ini di Kalimantan Barat lebih disukai untuk mengolah pentol bakso, selain dagingnya renyah, rasanya juga gurih.

"Biasa kita banyak kirim ikan asin otek ini ke Kalimantan Barat, di sana dibuat pentol bakso ikan asin. Paling laris ikan asin otek, karena harganya juga terjangkau," ungkap Idah, penjual ikan asin di Kuala Pembuang, Minggu 26 Mei 2019.

Menurut dia, harga ikan asin otek dijual dengan harga Rp 30 ribu per kilogram. Bahkan ikan asin otek rata-rata ukuran yang paling diminati minimal beratnya 1 kilogram.

"Besar kecil ukurannya sama, ukuran yang besar tentu dagingnya tebat itu yang paling diminati untuk mengolah pentol," ucapnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru