Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada Potensi Penguatan Harga CPO Berlanjut

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 31 Mei 2019 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menjelang libur akhir pekan dan libur panjang Lebaran, sentimen positif terpancar di pasar komoditas, khususnya untuk minyak kelapa sawit mentah (CPO) berjangka.

Ada kemungkinan harga CPO akan melanjutkan penguatannya medio pekan ini seiring dengan sentimen positif menurunnya stok dan menguatnya harga minyak kedelai, yang menjadi pesaing minyak sawit di pasar minyak nabati global.

Pada perdagangan Selasa (28/5/2019), harga CPO kontrak pengiriman Agustus menguat 0,44%. Penguatan itu melanjutkan penguatan sehari sebelumnya sebesar 0,6%.

Faktor pendukung penguatan harga CPO juga datang dari dua surveyor kargo, yakni Intertek Testing Services dan Amspec Agri Malaysia, menyatakan ekspor minyak sawit Malaysia periode 1-25 Mei 2019 naik pada kisaran 8,3%-15,6% dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.

Kondisi ini diprediksi dapat menggairahkan pasar karena potensi penurunan stok pada Mei semakin besar.

Untuk diketahui, pada April, stok minyak sawit di Malaysia sudah berkurang hingga 6,8% menjadi tinggal 2,7 juta ton dibanding bulan sebelumnya. Namun angka itu masih lebih tinggi 28% dibanding posisi April 2018.

"Bila stok bisa turun, maka keseimbangan fundamental bisa diperbaiki dan mengangkat harga CPO," kata pelaku pasar di Jakarta, medio pekan ini. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru