Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gabah Hasil Panen Langsung Dijual ke Pengepul dari Banjarmasin

  • Oleh Reno
  • 31 Mei 2019 - 12:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Musim panen padi di kawasan Mahang, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan berlangsung beberapa pekan terakhir ini.  Bahkan hasil panen gabah padi ini langsung dijual kepada pengepul dari Banjarmasin.

Lebih banyaknya petani menjual ganah mereka ketimbang menjual berasnya karena sebagian besar mereka tidak memiliki waktu untuk mengolah beras lantaran disibukkan untuk menunaikan pekerjaan lainnya.

Seorang petani di Mahang, Ningsih, mengaku menjual gabah lantaran dirinya sibuk bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Karena tidak ada waktu saja, sehingga selepas panen ini langsung dijual. Yang beli langsung datang dari Banjarmasin, mereka sudah siap menampung gabah petani," kata Ningsih, ketika ditemui di sawahnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Menurut Ningsih, untuk musim panen kali ini dirinya hanya mampu menghasilkan sekitar 3 ton gabah. Hasil itu diraih dari luasan sawah 1 hektare.

"Kalau melihat hasilnya ini standar saja, kalau rezekinya bisa juga lebih sampai 4 ton dalam luasan 1 hektare ini. Ya kita syukuri atas rezeki tahun ini," kata Ningsih.

Menurut Ningsih, menjual beras tentu lebih untung ketimbang menjual gabah. "Karena kita tidak ada waktu, sehingga kita jual gabah saja," katanya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru