Banjir di Tumbang Samba Katingan Berangsur Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Juni 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan berangsur surut. Hal itu sebagaimana kondisi terbaru pada Minggu, 9 Juni 2019.

"Harapan kami curah hujan di wilayah hulu tidak lagi tinggi, sebab kalau curah hujan di hulu tinggi air sungai bisa kembali meluap, terutama di bagian hilir seperti Tumbang Samba," kata Camat Katingan Tengah, Hariawan.

Dia mengatakan, banjir sempat menggenangi permukiman warga pada sejumlah desa di Kecamatan Katingan Tengah itu. Warga yang rumahnya kebanjiran, kini mulai membersihkan rumah serta perabot yang terdampak banjir.

Bencana banjir di wilayahnya akibat luapan air Sungai Katingan, sejauh ini tidak ada menimbulkan korban jiwa. Akan tetapi sebagian warga terkena penyakit gatal-gatal.

Camat Katingan Tengah menyarankan warga yang terkena gatal-gatal atau penyakit lainnya akibat banjir, untuk berobat di puskesmas pembantu di desa, atau langsung ke Puskemas Tumbang Samba.

Eli, salah seorang warga Tumbang Samba mengatakan, sejak dua hari ini keluarganya tengah sibuk membersihkan rumah bekas kebanjiran.

"Mudah-mudahan pemerintah bisa mencari solusi terkait bencana banjir yang sering terjadi di Tumbang Samba. Misalnya membuat saluran-saluran air sehingga luapan sungai bisa mengalir ke hutan," harapnya.(ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru