Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalimantan Tengah Alami Inflasi 0,72 Persen

  • 10 Juni 2019 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah (Kalteng), mencatat Provinsi Kalimantan tengah mengalami inflasi mencapai 0,72 persen.

Persentase kenaikan ini diambil dengan acuan dua kota yang mengalami inflasi di Kalimantan Tengah, yakni Palangka Raya dan Sampit.

Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri mengatakan, jika inflasi yang dialami Provinsi Kalteng ini diikuti laju inflasi tahun kalender yakni tahun 2019, dengan persentase mencapai 1,38 persen dan inflasi dari tahun ketahun mencapai 1,17 persen.

“Selama Mei 2019, Palangka Raya mengalami inflasi 0,55 persen dan Sampit mengalami inflasi 1,01 persen. Hal itulah yang menyebabkan Kalteng terkena inflasi 0,72 persen,” kata Yomin, Senin, 10 Juni 2019.

Dia menambahkan jika inflasi yang terjadi di Kalteng khususnya Kota Palangka Raya dan Sampit dipengaruhi beberapa faktor. Di antaranya, komponen harga bergejolak atau volatile, dan juga kebijakan harga yang oleh pemerintah atau administered prices.

“Kedua faktor itulah yang bersinergi terjadinya inflasi di Kota Palangka Raya dan Sampit, sehingga berdampak pada terjadinya Inflasi di Kalteng,” tandasnya. (AGUS/B-11)

Berita Terbaru