Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Keluarga dan Kerabat Terduga Teroris Dirawat di Dinas Sosial 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 Juni 2019 - 23:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Polda Kalteng menggelar rilis terkait pengungkapan terduga teroris di Kota Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas, Selasa, 11 Juni 2019 sore.

Kapolda Kalteng Irjen Anang Revandoko mengatakan, ada 33 orang yang diamankan. Dari jumlah itu, baru 2 yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD). Selebihnya, masih dilakukan pendalaman. Sebagiannya juga kini dititipkan di Dinas Sosial.

Hal ini juga dibenarkan salah satu anggota tim Layanan Dukungan Psikososial atau LDP Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Eka Raya.

"Dari kemarin yang diserahkan itu perempuan empat orang, anak-anak lima orang dan laki-laki dewasa empat orang. Jumlahnya 13 orang," kata Eka Raya.

Namun, jumlah ini diperkirakan akan bertambah. Karena, kabarnya Polda Kalteng juga akan menitipkan kembali atas pengungkapan di Kabupaten Gunung Mas.

"Semuanya mungkin 20an, sambil menunggu teman-teman (dari kepolisian)," kata dia.

Raya menjelaskan, tim LDP terdiri dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya dan Dinas Sosial Provinsi Kalteng yang didalamnya terdapat pekerja sosial, psikolog, tim kesehatan dan lainnya.

Pihaknya diberikan waktu selama 14 hari untuk memberikan edukasi agar mereka tidak terpapar atau menjadi korban bencana sosial.

"Intinya kami berupaya mengembalikan fungsi sosialnya. Misalnya, tidak mau bersilaturahmim, tidak mau bergaul, nah itu kita berupaya mengembalikan. Biasanya dalam prosesnya, jika mereka sudah bisa menyatakan diri bahwa yang dilakukan kemarin tidak benar, maka itu merupakan suatu kemajuan (keberhasilan mengembalikan fungsi sosial) bagi kami," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru