Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau Optimistis Pembentukan Provinsi Kotawaringin Terwujud

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 Juni 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana optimistis jika perjuangan pembentukan Provinsi Kotawaringin akan terwujud. Saat ini, sudah dibentuk presidium percepatan pemekaran provinsi tingkat Kabupaten Lamandau.

Hendra yang juga merupakan salah satu tim formatur tingkat provinsi menilai, pembentukan provinsi baru meliputi lima daerah itu yakni Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Lamandau, dan Sukamara merupakan kebutuhan untuk mempercepat pemerataan pembangunan. Dan akan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mimpi untuk membentuk provinsi baru ini berangkat dari kesepahapaman bersama lima daerah yang secara teritori berada di wilayah barat Kalteng. Ini telah menjadi harapan sejak lama. Kami optimistis jika perjuangan mewujudkan mimpi tersebut akan terwujud. Apalagi, Gubernur Kalteng sudah memberi sinyal dukungan yang kuat," kata Hendra Rabu, 12 Juni 2019.

Hendra Lesmana juga mengatakan, upaya negosiasi untuk pembentukan provinsi Kotawaringin baik melalui komunikasi langsung maupun tidak langsung dengan pemerintah pusat sudah mulai dilakukan. Namun upaya tersebut tetap akan melihat kesungguhan dan upaya serius dari lima daerah terkait. 

"Makanya setelah lima kepala daerah duduk bersama dengan pak Gubernur belum lama ini, kita masing-masing daerah punya tugas untuk membentuk pengurus presidium di daerah masing-masing. Nanti tupoksinya antara lain melakukan persiapan untuk percepatan pembentukan provinsi baru dengan melengkapi berbagai persyaratan yang diperlukan," kata Hendra. 

Senadam Ketua Presidum Pembentukan Provinsi Kotawaringin tingkat Kabupaten Lamandau, H Tommy Hermal Ibrahim mengatakan, pembentukan presidium tersebut memiliki tugas dan fungsi untuk menindaklanjuti spirit (pemekaran provinsi Kotawaringin) yang sebelumnya diwadahi Badan Percepatan Pembentukan Provinsi Kotawaringin.  

Tommy juga meyakini jika upaya dan usaha mewujudkan provinsi baru tersebut bukan hanya sebatas wacana atau isu ritinan, melainkan mimpi serta harapan yang terus diperjuangkan. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru