Masyarakat Diminta Lakukan Gerakan 3M Cegah Demam Berdarah

  • Oleh Reno
  • 13 Juni 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pada musim hujan ini masyarakat Kabupaten Seruyan diimbau memperhatikan kebersihan lingkungan supaya terhindar dari nyamuk yang menjadi sumber Demam Berdarah Dengue atau DBD.

Kelapa Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah mengatakan, agar masyarakat dapat memperhatikan kebersihan lingkungan serta melakukan gerakan 3M yaitu menutup, membakar dan menimbun sampah yang ada di sekitar mereka.

"Kita minta mengimbau agar masyarakat dapat memperhatikan lingkungannya agar tetap bersih, terutama dari sampah. Lakukan gerakan 3M," kata Mahdiniansyah ketika di temui di Kantor Bupati Seruyan, Kamis, 13 Juni 2019.

Mahdiniansyah mengatakan, kekhawatirannya pada musim hujan ini akan ada nyamuk yang dapat membahayakan kesehatan manusia karena gigitannya.

"Sehingga perlu kewaspadaan kita dengan cara mencegahnya, menutup sumber dari nyaman beserta tempatnya berkembang biak dan menimbun, dan membakar sampah-sampah. Karena di sampah ini lah tempatnya yang cepat berkembang," ujar Mahdiniansyah.

Menurutnya, sampai sekarang belum ada lagi ditemukan kasus DBD terbaru, namun kasus lama yang sudah tertangani oleh pihak Dinas Kesehatan seperti di tingkat Puskesmas.

"Yang paling penting ini peran dari masyarakat yang selalu peduli agar lingkungan mereka tetap bersih. Karena disitu letak pencegahannya, buka pada tidur menggunakan kelambu. Karena mencegah itu pada letak sumber nyamuknya," pungkas. (RENO/B-5)

Berita Terbaru