Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Kirimkan 184 Peserta Ikuti Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juni 2019 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Wakil Bupati Sugianto Panala Putra melepas kontingen Kabupaten Barito Utara yang akan mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di Kota Palangka Raya, Senin, 17 Juni 2019.

“Festival Budaya Isen Mulang pada tahun ini dilaksanakan di Palangka Raya dari tanggal 17-22 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda tahunan dalam rangka memperingati HUT Provinsi Kalteng,” kata Wakil Bupati.

Ia melanjutkan, atlet dan seniman yang mewakili Kabupaten Barito Utara merupakan hasil seleksi tingkat daerah pada Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan pada 2018 lalu.

“Siapapun yang terpilih mewakili Barito Utara tentunya memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan dengan sepenuh hati, dengan harapan Barito Utara bisa memperoleh prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya," ucap Wakil Bupati.

Dalam FBIM, tim Barito Utara akan bersaing dengan 13 kabupaten/kota se-Kalteng. Untuk itu, Wakil Bupati meminta kepada para atlet agar selalu menjaga kekompakan dan menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding serta menjaga nama baik daerah.

“Besar harapan kita semua pada Festival Buaya Isen Mulang ini tim Kabupaten Barito Utara bisa meningkatkan dan mendapatkan prestasi yang gemilang pada setiap cabang yang dilombakan. Hal ini adalah sebagai pembuktian bahwa Kabupaten Barito Utara memiliki putra dan putri, seniman, dan atlet-atlet yang berkualitas dan tidak kalah dengan kabupaten lain.”

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Arbaidi, mengatakan bahwa tim Barito Utara akan mengikuti sebanyak 16 cabang lomba.

Meliputi pawai karnaval budaya, putra dan putri pariwisata, tari daerah, karungut, mangaruhi, sepak sawut, besei kambe, jukung tradisional, balogo, bagasing, manyipet, maneweng manetek, lagu daerah, panginan sukup simpan, mangenta, dan malamang.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 184 orang yang terdiri dari 137 atlet olahraga tradisional, penari dan pemusik, seta 47 orang koordinator lomba, ofisial, petugas kesehatan dan patwal dari kepolisian,” kata Arbaidi. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru