Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Staf Pengajar dan Mahasiswa USU Kunjungi PKS Berteknologi Biogas Milik PT Mendawai Mitra Sejati

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 19 Juni 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Staf pengajar dan mahasiswa Universitas Sumatera Utara atau USU berkunjung ke pabrik kelapa sawit milik PT Mendawai Mitra Sejati atau MMS. Mereka berkunjung ke pabrik ini karena sudah menggunakan teknologi biogas.

Kunjungan di PKS tersebut bertujuan mengetahui proses penerapan teknologi biogas dan cara pegelolaan limbah di PKS Suayap ini. “Serta integrasi antara PKS dengan sapi di sini,” kata Dr. Rahmawati. SHut. M.Si,. Ia merupakan staf pengajar Fakultas Pertanian USU yang ditemui Borneonews, di Suayap, Selasa (18/6/2019).

Kunjungan tersebut melibatkan lima staf pengajar dan mahasiswa. Kehadiran mereka disambut Direktur Komersial SSMS Ramzi Sastra, Manager Biogas SSMS Andi Camalata serta sejumlah staf. 

Dalam kesempatan itu, Rahmawati juga menambahkan alasan utama memilih pabrik ini karena merupakan perusahaan lokal. Perusahaan ini tergabung dalam PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk. yang didirikan pengusaha asal Kotawaringin Barat H. Abdul Rasyid.

Menurut dia, kunjungan ke pabrik ini merupakan kesempatan kedua baginya. Pada kunjungan sebelumnya PKS ini belum menerapkan teknologi biogas. Namun pabrik ini masih menggunakan bahan bakar seperti solar, cangkang serta serabut sisa olahan pabrik.

Selain itu, ia juga mengatakan hasil kunjungan ini nantinya akan dikaji lebih dalam. Kemudian hasil kajian tersebut akan dijadikan tulisan terkait teknologi terkini di perkebunan kelapa sawit.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Komersial SSMS Ramzi Sastra mengatakan penerapan teknologi biogas ini bertujuan menjaga lingkungan. Selain itu, teknologi biogas ini juga dapat menguntungkan secara finansial.

Saat kunjungan tersebut, para tamu mendapat penjelasan terkait proses penerapan biogas di PKS Suayap. Tidak hanya itu, mereka juga mendapat kesempatan berkeliling pabrik. (AINUN NADZIFATUS/m)

Berita Terbaru