Kontingen Barito Utara Tampilkan Tari Pedalaman dan Mobil Hias pada Karnaval FBIM

  • Oleh Ramadani
  • 19 Juni 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh  - Kontingen Barito Utara menampilkantari pedalaman dan mobil hias pada karnaval Festival Budaya Isen Mulang atau FBIM.

Karnaval budaya yang merupakan salah satu cabang lomba pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-62 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Para peserta  karnaval dilepas oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib H Said Ismail dengan ditandai pengibaran bendera Start pada Selasa 18 Juni 2019. 

Karnaval Budaya diikuti oleh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah yang menampilkan berbagai pernak-pernik serta keragaman dan keunikan daerahnya masing-masing. Karnaval budaya yang dikuti oleh 83 peserta ini diharapkan bisa menjadi even nasional guna memperkenalkan kebudayaan Kalteng.

Bupati H Nadalsyah memberikan apresiasi kepada Pemerintahan Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten/Kota, perangkat daerah dan masyarakat yang telah berpartisipasi memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya untuk memperkenalkan budaya lokal kepada masyarakat luas namun juga bentuk kecintaan masyarakat Kalimantan Tengah kepada tradisi, budaya dan adat istiadat.

"Kearifan lokal perlu kita jaga dan lestarikan, karena kearifan lokal merupakan Identitas daerah," ungkap Nadalsyah, Rabu 18 Juni 2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) H Arbaidi, Rabu 18 Juni 2019 mengatakan Kabupaten Barito Utara pada karnaval budaya menampilkan tari pedalaman yang menggambarkan adat Wara dan mobil hias berupa perahu dengan pernak pernik tradisional. 

Selain itu, juga ditampilkan mobil hias dengan membawa menu makanan yang akan dipertandingkan pada lomba masak yang dikoordinir Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru