Pemkab Kobar akan Bangun Gedung Olahraga Bertaraf Internasional

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Juni 2019 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka meningkatkan pelayanan di Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya bidang olahraga, Pemkab Kotawaringin Barat berencana membangun gedung olahraga bertaraf Nasional hingga Internasional.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt Dinas PUPR Kabupaten Kobar, Juni Gultom. "Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan pembangunan gedung olahraga serba guna bertaraf nasional dan bahkan internasional, di kawasan dalam Sport Center di Pinang Merah Kecamatan Arsel Kabupaten Kobar," ujarnya, Kamis, 20 Juni 2019.

Dia menjelaskan, groundbreaking pembangunan gedung utama sport center direncanakan Juli 2019 dan diperkirakan menelan biaya puluhan miliar rupiah. Selain itu juga PUPR Kobar telah nengusulkan dana Rp 200 miliar untuk seluruh rangkaian pembangunan venue cabang olahraga dan infrastruktur di sport center.

"Mudah-mudahan 23 Juli 2019 ini bisa terealisasi untuk pembangunan gedung olahraganya, diperkirakan menelan dana sekitar Rp40 miliar, target kita awal bulan depan sudah bisa dilaksanakan peletakan batu pertama,” terangnya.

Gultom melanjutkan, pengukuran serta pembersihan lapangan telah dimulai dan saat ini sedang mempersiapkan pemancangan pondasi di lokasi. Untuk mempersiapkan puluhan venue atau tempat beberapa cabang olahraga.

"Pembangunan untuk mempersiapkan sebanyak 30 tempat cabang olahraga. Jadi banyak infrastruktur yang harus disiapkan, baik sarana dan prasarananya. Misalnya cabang olahraga renang, tinju, sepak bola, sepak takraw dan lainnya. Agar cabang olah raga tersebut bisa dipusatkan semua di pangkalan bun," pungkasnya. 

Sedangkan untuk untuk pelaksanaan kegiatan lainnya, saat ini sedang membangun gedung serbaguna yang mampu menampung 2000 orang di Pangkalan Bun Park. Serta di daerah gedung KONI sedang diadakan rapat untuk pembebasan lahan.

"Saat ini sedang kami kerjakan, bulan lalu kami sudah melaksanakan ground breaking di sana, untuk pembebasan lahan di kawasan gedung KONI, tadi sudah dapat laporan terkait pembebasan lahan tersebut," pungkasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru