BUMDes Harus Berinovasi Mencari Produk Unggulan

  • Oleh Reno
  • 23 Juni 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Desa atau Pemdes dan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes di Kabupaten Seruyan diminta agar tidak vakum terhadap ide-ide yang bisa menjadi peluang pendapatan asli desa itu sendiri.

Mereka diminta agar berinovasi untuk mencari produk-produk unggulan di desa tersebut, sehingga bisa menjadi usaha bagi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes itu sendiri.

"Peluang usaha yang ada di desa harus digali. Pemda dan BUMDes harus berinovasi. Karena BUMDes ini nanti yang melaksanakan kegiatan usaha," kata Revanie Lesmana, Pendamping BUMDes Provinsi Kalimantan Tengah, di konfirmasi, Minggu 23 Juni 2019.

Peluang-peluang usaha yang ada di desa itu nantinya yang menjadi andalan BUMDes untuk meraih pendapatan asli desa.

Selain itu pula perlu dilakukannya sebuah kerjasama BUMDes, baik dalam hal sharing pendapat dan bahkan pada penggarapan produk-produk yang akan dijadikan sektor usaha unggulan BUMDes itu sendiri.

Bisa dilakukan sebuah kerjasama. Seperti di Seruyan adanya BUMDes bersama. Diantara BUMDes ini nanti ada sebuah kerjasama baik. 


"Misal ada satu produk unggulan usaha kerupuk atau usaha lainnya baik dari tingkat pengolahan hingga pada pemasarannya ada kerjasama antar BUMDes, sehingga bisa menghasilkan pendapatan desa," pungkasnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru