Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Buang Sampah ke Sungai Mentaya

  • Oleh Naco
  • 29 Juni 2019 - 10:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur H  Abdul Kadir meminta agar pemkab setempat memberi imbauan dan penegasan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke Sungai Mentaya. 

"Terus terang kami sangat prihatin atas perilaku oknum masyarakat yang sembarangan membuang sampah di Sungai Mentaya," kata Kadir, Sabtu, 29 Juni 2019.

Maka dari itu ia berharap agar pemerintah memberikan peringatan kepada siapapun yang sengaja membuang sampah, membuat sungai itu semakin kotor.

Lanjut Kadir, oknum masyarakat yang sengaja membuang sampah ke sungai seperti itu tidak memikirkan bahwa dampak kedepannya seperti apa.

Sungai, kata dia, adalah tempat masyarakat banyak menggantungkan hidupnya, bahkan sungai tidak lepas dari  corak hidup masyarakat lokal setempat.

Kadir mengakui selama ini pemerintah belum pernah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk melestarikan dan menjaga kebersihan terkait keberadaan sungai di Kotim.

Ini bagian tugas pemerintah daerah apalagi kondisi sungai di Kotim dari tahun ke tahun sangat buruk. Tentu jika pemerintah tidak pernah mengantisipasi beberapa tahun kedepan akan merugikan masyarakat sendiri.

"Banyak keuntungan dengan keberadaan sungai itu, dari itu mestinya dipelihara dan dipertahankan. Salah satunya tidak sembarangan membuang sampah," ucap dia.

Apalagi kata dia seperti sampah plastik sangat berbahaya terutama bagi habitat disekitarnya. Sehingga jangan heran kerap kali buaya dan binanga sungai lainnya muncul ke permukaan karena salah satu penyebabny habitatnya terganggu. (NACO/B-5)

Berita Terbaru