Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bidan Kampung di Seruyan Masih Berperan dalam Persalinan

  • Oleh Reno
  • 30 Juni 2019 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Peran bidang kampung dalam menolong persalinan hampir terjadi di semua daerah, tidak terkecuali di kabupaten Seruyan.

Bahkan tidak jarang, antara bidang kampung dengan ibu hamil memiliki hubungan darah. Sehingga peran bidan kampung ini dipercaya dapat membantu memperlancar proses persalinan ibu hamil.

"Pertolongan persalinan di wilayah Seruyan sebagian besar masih ditangani bidan kampung. Terutama di desa-desa daerah hulu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Mahdiniansyah, Minggu 30 Juni 2019.

Mahdini mengatakan, pihaknya akan tetap berupaya melakukan kemitraan dengan bidang kampung ini.

"Kemitraan ini bukan mengajari mereka untuk menolong persalinan tetapi kerjasama setelah melahirkan. Dari merawat dan memandikan bayi itu bentuk kemitraan," jelas Mahdini.

Bahkan ada juga proses persalinan murni ditolong bidan kampung, namun mereka tidak bisa mencegah.

"Paling berat tantangan kita yakni adanya ikatan emosional antara ibu hamil dengan bidan kampung ini, baik itu saudaranya, neneknya, maupun kakaknya," jelas Mahdini.

Kemitraan itu pelan-pelan dilakukan supaya mereka mendapat pertolongan persalinan di fasilitas kesehatan. Sehingga kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisasi. (RENO/B-11)

Berita Terbaru