Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembahasan Batas Wilayah Kalteng - Kalbar Ditargetkan Rampung 2020

  • Oleh Budi Yulianto
  • 30 Juni 2019 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Persoalan tata batas wilayah antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat ditargetkan rampung tahun depan atau 2020. 

Target ini disampaikan setelah Sekda Kalteng Fahrizal Fitri melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalbar Sutarmidji.

"Secara umum yang belum diselesaikan adalah wilayah perbatasan yang ada di Kabupaten Sukamara dan Lamandau," kata Sekda Kalteng, Minggu, 30 Juni 2019.

Ia menuturkan, dalam waktu dekat akan mengundang pemerintah Kabupaten Sukamara dan Lamandau untuk menyepakati wilayah tata batas. Selanjutnya baru mengundang Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalbar. 

Persoalan mengenai tatas batas dengan provinsi tetangga ini sudah berlangsung cukup lama, yaitu sekitar 15 tahun.

Sekda menilai kerja sama dalam menyelesaikan tata batas wilayah itu merupakan suatu kemajuan yang luar biasa. Kesepakatan itu tentunya membantu masyarakat serta memastikan kepastian hukum.

"Misi utamanya adalah bagaimana mempererat hubungan kita dan kita sudah tandatangani MoU yang merupakan bingkai utama kesepakatan ini. Nanti akan dilanjutkan dengan kesepakatan pada hal teknis dan tentu hal-hal yang menjadi prioritas harus segera dituntaskan," ungkapnya.

Menurut Fahrizal, jangan sampai persoalan tata batas menjadi permasalahan bagi masyarakat. "Nanti akan kita agendakan lagi pertemuannya," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar mengatakan bahwa masalah tata batas diharapkan selesai paling lambat tahun depan. 

"Yang kita cari yang terbaik dan yang paling penting adalah bagaimana kita bisa melayani masyarakat," ucapnya. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru