Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Berupaya Wujudkan Swasembada Pangan

  • Oleh Ramadani
  • 01 Juli 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sektor pertanian mempunyai peranan  sangat penting terutama sebagai penyedia pangan bagi kebutuhan masyarakat.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Kabupaten Barito Utara terus berupaya mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan.

Bupati Barito Utara Nadalsyah, Senin, 1 Juni 2019, mengatakan swasembada pangan berkelanjutan merupakan salah satu misi di dalam pelaksanaan pembangunan pertanian.

Berbagai program telah digulirkan dalam rangka mencapai swasembada pangan tersebut. Di antaranya melalui program Upaya Khusus Padi, Jagung, dan Kedelai (Upsus Pajale).

“Kita telah mendukung terhadap pelaksanaan program Upsus Pajale yang dilaksanakan dari 2015. Di mana Kabupaten Barito Utara menjadi salah satu sasaran dari pelaksanaan program tersebut,” kata Nadalsyah. 

Melalui program Upsus Pajale telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi dan jagung. Seperti bantuan pupuk, penyediaan benih unggul, perbaikan jaringan irigasi, bantuan obat-obatan, serta bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan).

“Alhamdulillah sejak dilaksanakannya program Upsus Pajale ini produksi padi dan jagung di Kabupaten Barito Utara terus mengalami peningkatan. Secara khusus produksi komoditi jagung kita saat ini telah menempatkan Kabupaten Barito Utara sebagai daerah penghasil tertinggi di Kalimantan Tengah,” tuturnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru