Manfaatkan Museum untuk Sarana Edukasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Juli 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj Mukarramah meminta dunia pendidikan di Kota Cantik lebih memanfaatkan keberadaan museum sebagai sarana edukasi.

"Keberadaan museum itu merupakan salah satu pilihan jika sekolah ingin memberikan edukasi untuk peserta didik, dan hal seperti ini yang patut didorong," kata Mukarramah kepada Borneonews pada Selasa, 2 Juli 2019.

Menurut Mukarramah, Palangka Raya termasuk daerah yang beruntung karena memiliki museum sendiri yang memungkinkan generasi penerus mendapatkan pengetahunan lebih dari museum-museum ini.

"Selama ini keberadaan museum yang ada kerap tidak dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, termasuk generasi penerus kita sendiri," tambah Politisi Partai Nasdem ini. 

Mukarramah mengatakan, keberadaan Museum Balanga di Kota Palangka Raya harusnya dapat dimanfaatkan dari banyak sisi, tidak hanya untuk pendidikan tetapi juga pelestarian budaya dan adat istiadat.

"Di museum Balanga ini kan lebih mengedepankan soal budaya kita, Dayak, harusnya selain untuk menambah pengetahuan, anak-anak yang datang juga akan dapat mengetahui lebih dalam mengenai adat istiadat leluhurnya. Tetapi pemanfaatkannya untuk dunia pendidikan, sampai saat ini belum kita lihat," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru