Puluhan Driver Angkutan Online sudah Beroperasi di Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Juli 2019 - 00:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mengadakan rapat koordinasi dengan pengelola angkutan umum berbasi online.

Dalam rapat itu terungkap fakta bahwa sudah ada puluhan driver angkutan online yang beroperasi di Kota Pangkalan Bun.

"Mereka beroperasi itu tanpa sepengetahuan kami. Jadi sudah ada puluhan driver yang sudah direkrut dan sudah beroperasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kobar Hermon F Lion, Selasa, 2 Juli 2019.

Rapat koordinasi kemarin dihadiri perwakilan B-Jek dan Amang Ojek. Dalam kesempatan itu mereka menyampaikan jawaban terkait pertanyaan mengenai perizinan, alamat kantor, pola rekruitmen, dan kewajiban yang harus dilakukan perusahaan.

Raka Setya, perwakilan B-Jek, mengatakan bahwa aplikasi B-Jek sudah launching pada awal Januari 2019. Meski begitu, pihaknya belum mengajukan perizinan ke instansi terkait. Saat ini B-Jek sudah memiliki 90 driver. Untuk setiap harinya ada 30 driver yang bekerja.

"Sementara kami belum memiliki kantor dan sering mangkal di Jalan Iskandar dan di depan Universitas Antakusuma. Saat ini kami sudah memiliki atribut motor, jaket, dan kaos berlabel B-Jek," ujarnya. 

Sedangkan perwakilan dari Amang Ojek, Hendrawan, mengatakan bahwa kantor pusat perusahaannyaada di Banjarmasin. Amang Ojek berdiri pada 2016. Untuk pengoperasian di Pangkalan Bun dimulai dari 2018 di bawah naungan PT Berkah Kreasi Anak Bangsa.

"Kalau di sini (Pangkalan Bun) kantornya di Jalan Iskandar sebelah Bank BTN dan punya 3 base camp. Masing-masing mempunyai maksimal 25 driver, diantaranya mobil dan motor," ungkap Hendrawan. (DANANG/B-)

Berita Terbaru