Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Penyebab Banyak Warga Seruyan Berangkat Haji melalui Kotim dan Kobar

  • Oleh Reno
  • 03 Juli 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Calon Jamaah Haji atau CJH yang berasal dari warga Kabupaten Seruyan ternyata banyak berangkat melalui Kabupaten Kotawaringin Timur atau Kotim dan Kotawaringin Barat atau Kobar pada tahun ini. 

Pasalnya mereka terdaftar sebagai CJH di Kabupaten Kotim dan Kobar sejak awal. Apalagi saat itu belum diberlakukan sistem KTP sebagai tempat CJH berdomisili.

"Dulukan tidak ada yang mengatur bahwa kita boleh mendaftar di daerah lain. Sekarang sistem mengharuskan kita mendaftar di tempat kita tinggal sesuai KTP, makanya banyak warga Seruyan yang berangkat tahun ini melalui Kabupaten Kotim dan Kobar," kata Kepala Kementerian Agama Kabupaten Seruyan H Hasanudin, Rabu 3 Juli 2019.

Hasanudin menyebutkan, untuk warga Seruyan yang berangkat melalui Kabupaten Kobar yang tempat tinggal mereka di daerah asam baru dan sekitarnya, sedangkan yang berangkat melalui Kabupaten Kotim mereka yang tinggal di daerah Bangkal, Danau Sembuluh dan sekitarnya.

"Karena dulu mereka daftar ke Kobar dan Kotim karena lebih dekat dan tidak mengharuskan berdomisili di Kotim dan Kobar. Makanya beberapa tahun terakhir ini yang berangkat melalui Seruyan masih sedikit," jelasnya.

Untuk CJH yang berangkat melalui Kabupaten Seruyan tahun ini berasal dari Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Hanau, Danau Sembuluh, Seruyan Raya, Danau Seluluk, dan Batu Ampar. (RENO/B-2)

Berita Terbaru