Generasi Melenial Diberikan Pemahaman Internet Positif 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Juli 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ujaran kebencian di media sosial saat ini nampaknya sangat sulit dibendung. Menyikapi hal itu, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengambil sikap dengan memberikan pemahaman tentang internet sehat dan positif kepada generasi milenial.

"Saat ini ujaran kebencian, hujat-menghujat, dan saling maki sering ditemukan di media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, maupun lainnya. Hal itulah yang menjadi perhatian. Sehingga kami berupaya memberikan pemahaman terkait internet sehat kepada generasi melenial," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim Multazam, Kamis, 4 Juli 2019.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak Diskominfo bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi internet sehat kepada kaum melenial. Dengan harapan bisa menerapkan internet cerdas, kreatif, dan produktif.

Sosialisasi itu sangat penting dilakukan. Agar kaum melenial bisa mengetahui cara berkomunikasi yang baik, santun, dan positif di media sosial. Sehingga internet bukan sekedar untuk mengunggah foto atau status saja. Namun, sebagai tempat pembelajaran maupun usaha ekonomi.

"Dengan melakukan hal tersebut, maka akan tercipta pengguna internet yang sehat, dan generasi muda yang baik kedepannya," kata Multazam.

Dirinya juga berharap agar pengguna media sosial di Kotim ini bisa menggunakan internet yang positif. Jangan sampai menyebarkan kabar atau berita yang belum diketahui kebenarannya. Sehingga bisa berdampak negatif bagi orang lain maupun daerah.

"Jika ingin menyebarkan, harus di filter dulu atau dipastikan kebenarannya dan apakah ada dampaknya jika hal itu dilakukan. Sehingga keamanan dan ketentraman daerah ini tetap terjaga dengan baik," tutur Multazam. (MUHAMMAD HAMIM/B-3) 

Berita Terbaru