Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penumpang Kapal Pesiar Silversea Expeditions Berkunjung ke Huma Betang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 05 Juli 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penumpang Kapal Pesiar Silversea Expeditions MV Silver Discoverer berkunjung ke Huma Betang dalam rangka wisata ke Kota Pangkalan Bun.

Mereka akan disambut tarian khas daerah pesisir yaitu Merumpak Kutamala, di Jalan Pasir Panjang, Pangkalan Bun, Jumat, 5 Juli 2019.

Pantauan Borneonews, sudah ada berbagai persiapan untuk menyambut wisatawan mancanegara. Terdapat seperti gerbang dan ada pohon pisang di tengahnya bertulisakan, Sanggar Bakuba "Silat" Marumpak Kutamala.

Ketua Sanggar Bakuba Rakhmat Agus Setiawan menyampaikan, ini merupakan tarian untuk menyambut tamu yang datang, dengan nama tari Marumpak Kutumala.

"Jadi artinya adalah, Marumpak itu Menyerang dan Kutama itu Gerbang jadi Menyerang Gerbang," ujarnya.

Kata dia, tarian ini merupakan tarian melayu daerah pesisir, jadi nantinya akan diperagakan oleh dua penari, seperti duel. Jika penjaga gerbang kalah, berarti tamu boleh masuk.

"Nanti ada prosesi pemotongan batang pidang, sebelum tamunya masuk ke huma betang," ungkapnya.

Tarian tak hanya saat memasuki gerbang, nanti di dalam Huma Betang akan ditampilkan tarian Keriang Keriut sebanyak 6 orang penari.

Perlu diketahui, Kapal Pesiar Silversea Expeditions MV Silver Discoverer telah tiba di Pangkalan Bun. Kapal itu membawa 88 wisatawan mancanegara, seperti dari Australia, Spanyol, Croatia, Portugal, United Kingdom, United States, New Zeland dan Germany dengan didampingi 3 orang dari Indonesia termasuk Dr Birute Galdikas. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru