Polsek Kapuas Barat Ajak Warga Berpartisipasi Aktif Cegah Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota Polsek Kapuas Barat terus mengajak warga untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Ajakan itu diutamakan bagi warga di wilayah hukum Polsek Kapuas Barat. 

Seperti kegiatan bhabinkamtibmas, Brigadir Rijal Iswan, yang menyampaikan ajakan itu kepada warga Desa Basuta Raya, Kecamatan Kapuas Barat, Kamis, 11 Juli 2019.

Kapolsek Kapuas Barat, Ipda Eko Sutrisno, mengatakan karhutla perlu diantisipasi sedini mungkin. Untuk pencegahan atau penanggulangannya perlu kerjasama semua pihak, khususnya warga setempat.

"Karena ibarat kata, mencegah lebih baik daripada mengobati. Makanya, kami mengajak partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla," kata Eko.

Terlebih, karhutla dampak negatifnya cukup banyak. Selain kesehatan yang bisa terganggu karena kabut asap, juga merusak kelestarian ekosistem hutan yang ada sebagai penyeimbang kehidupan.

"Harapan kami, melalui sosialisasi ini masyarakat bisa terhindar dari dampak negatif yang muncul dan ekositem tetap lestari. Karena bersama-sama mengantisipasi karhutla," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru