Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DAD Kalteng Ingatkan Bahasa hingga Kebudayaan Lokal Penting Untuk Terus Dilestarikan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas -  Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng, H Agustiar Sabran menuturkan pentingnya bahasa, adat istiadat, hingga kebudayaan lokal dalam hal ini Dayak, untuk terus dilestarikan dari masa ke masa.

Hal itu menjadi salah satu tugas dari DAD Kalteng, dalam melestarikan dan memertahankan warisan budaya Dayak yang ada. Apalagi, seiring perkembangan zaman dan teknologi, berbagai bahasa hingga kebudayaan dari luar bisa cepat berbaur dan masuk ke dalam budaya lokal.

"Kita bersama mengawal, terutama dengan penggunaan bahasa ini (Dayak) supaya tidak termakan waktu. Jangan sampai anak cucu kita nanti tidak bisa membahasakannya," ucap Agustiar kepada wartawan usai mengukuhkan pengurus DAD Kapuas pada Kamis, 11 Juli 2019.

Untuk itulah pihaknya akan terus mengajak masyarakat dan mengawal terus dengan bekerjasama, untul bisa melestarikan kearifan lokal khas Dayak.

"Selain bahasa kebudayaan atau kesenian lokal lainnya juga terus dilestarikan. Kalau tidak kita semua siapa lagi yang menjaganya," katanya.

Senada, Ketua DAD Kapuas Ben Brahim S Bahat juga bertekad untuk terus memertahankan budaya dayak, salah satunya bahasa.

"Saya berpesan kepada masyarakat dayak di Kabupaten Kapuas, supaya anak-anak diajari bahasa Dayak di rumah masing-masing. Lestarikan bahasa Dayak, karena itu merupakan identitas kita," ucap Ben Brahim.

"Adat istiadat perlu dijaga, jangan sampai terlena, dengan kemajuan teknologi di zaman globalisasi, jadi kita harus menjaga betul-betul adat istiadat kita," pungkas Ben Brahim. (DODI RIZKIANSYAH/B-11/Adv)

Berita Terbaru