PMI Sukamara Siapkan Database Pendonor Siasati Ketersediaan Darah

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Juli 2019 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Palang Merah Indonesia (PMI) Sukamara memiliki database pendonor. Hal tersebut sebagai upaya untuk menyiasati ketersedian darah bagi pasien. Pasalnya, hingga saat ini PMI Sukamara belum memiliki bank darah.

"Dengan data pendonor ini, apabila ada pasien rumah sakit membutuhkan darah, maka kita akan menghubungi pendonor di database tersebut," kata Ketua PMI Kabupaten Sukamara, Yan Suharyono, Jumat, 12 Juni 2019.

Menurutnya, salah satu cara agar kebutuhan darah selalu tersedia, maka pihaknya mendata pendonor. Mulai dari ASN, instansi lainnya, hingga pihak swasta. 

"Para pendonor ini selalu siap jika diminta datang untuk mendonorkan darah mereka," tutur Yan.

Yan berharap, agar ke depan PMI bisa memiliki tempat penyimpanan darah. Sehingga saat ada pasien darurat yang segera membutuhkan darah, maka bisa segera mendapatkannya.

"Harapannya mudah-mudahan kedepan kita bisa memiliki tempat penyimpanan darah, agar kita bisa menyetok darah. Sehingga saat dibutuhkan tidak perlu lagi menghubungi para pendonor," harapnya.

Ketua PMI Sukamara menambahkan, untuk pasien yang mencari golongan darah langka seperti golongan darah B resus negatif, maka pihak keluarga dan PMI akan berupaya mencari pendonor dari luar daerah. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru