Lamandau Jadi Runner Up Peda XII KTNA Kalteng 2019

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Juli 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kabupaten Lamandau kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di ajang Pekan Daerah atau PEDA XII Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019. Dari berbagai perlombaan yang dipertandingkan, peserta perwakilan Bumi Bahaum Bakuba itu sukses menjadi Runner Up atau juara II se Kalteng.

Menanggapi itu, Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto mengaku sangat bersyukur atas raihan prestasi yang didapat oleh perwakilan kabupaten Lamandau.

Menurutnya, capaian tersebut adalah buah dari kesungguhan para peserta yang selama ini terus belajar dalam meningkatkan keilmuan dan pengalamannya baik di bidang pertanian maupun perikanan.

"Jika pada penyelenggaraan sebelumnya hanya bisa menjadi juara 6 dan di tahun ini berhasil ada di posisi dua, tentu merupakan capaian luar biasa. Alhamdulillah," ucap Wabup Riko Porwanto, Minggu, 14 Juli 2019.

Di sisi lain, Riko juga mengingatkan bahwa para penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan kabupaten Lamandau jangan merasa puas dengan capaian yang didapat, namun raihan itu harus menjadi pelecut semangat untuk terus melakukan pengembangan yang hasil dan faedahnya dapat betul-betul diraskan para petani Lamandau.

Seperti diketahui, kegiatan KTNA tingkat Kalteng yang dipusatkan di Desa Eka Bahurui, Kabupaten Kotawaringin Timur itu telah berlangsung selama sepekan, tepatnya mulai 7 hingga 13 Juli 2019.

Kegiatan tersebut ditujukan untuk pemerataan peningkatan sektor pertanian di Kalimantan Tengah dengan saling berbagi informasi. Ada banyak rangkaian kegiatan yang diadakan, anatara lain rembug madya, temu wicara, pameran agribisnis, lomba asah terampil dan dialog antar generasi.

Adapun berbagai perlombaan unik pada acara Peda KTNA tahun ini antara lain seperti lomba bongkar pasang traktor, lomba mengemas bibit ikan, lomba menyadap karet, lomba kupas kelapa, omba memilih jenis kelamin anak ayam, lomba memipil dan memilih bibit jagung, bola voli, jalan sehat bersama, lari karung putri dan putri.

Dimana, dari berbagai lomba itu perwakilan Lamandau sukses menjadi yang terbaik di beberap cabang, antara lain juara 1 cabang lomba gerak nusantara, Juara 2 cabang lomba gita nusantara atau Menyanyi, Juara 3 voli putra, Juara 2 lomba memipil dan memilih bibit jagung, serta Juara 3 lomba balap karung. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru