Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemecah Ombak di Pantai Ujung Pandaran Rusak, Pemprov Kalimantan Tengah Bangun Tanggul

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 Juli 2019 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemecah ombak dari geobag yang dipasang Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) di Pantai Ujung Pandaran mulai mengalami kerusakan.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membangun tanggul untuk menahan abrasi.

"Saat ini tanggul sudah mulai dibangun. Pembangunan tersebut menggunakan anggaran provinsi," ujar Camat Teluk Sampit Juliansyah, Selasa, 16 Juli 2019.

Tanggul yang dibangun saat ini sudah permanen. Beda dengan pemasangan geobag yang dipasang Pemkab Kotim beberapa waktu lalu yang hanya bersifat sementara. Diharapkan nantinya tanggul itu benar-benar bisa menahan abrasi.

"Mudah-mudahan bisa cepat selesai, dan tanggul tersebut bisa menahan abrasi nantinya," kata Juliansyah.

Tanggul yang mulai dibangun sepanjang 100 meter. Dengan menghabiskan anggaran Rp 8 miliar. Pembangunan tanggul tersebut masih dianggap kurang karena abrasi terjadi cukup panjang.

"Meskipun masih kurang, kami tetap bersyukur tanggul sudah mulai dibangun. Paling tidak bisa menahan abrasi pantai di sepanjang tanggul yang dibangun tersebut," sebut Juliansyah. 

Abrasi di Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, sudah terjadi cukup lama. Bahkan, saat ini sudah cukup parah dan telah mencapai jalan raya. 

Tidak hanya itu, sejumlah penduduk sudah di relokasi ke tempat yang baru untuk menghindari terdampak abrasi. Hal itu terpaksa dilakukan agar tidak ada korban nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-3) 

Berita Terbaru