MPLS SMAN 1 Sukamara Dibimbing Langsung oleh Guru

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Juli 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala SMA Negeri 1 Sukamara, Edi Kasim mengatakan, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS siswa baru dibimbing langsung oleh guru.

"Untuk narasumber yang mengisi kegiatan semua dari guru yang ada di sekolah," ucap Edi Kasim, Rabu, 17 Juli 2019.

Menurut Edi, pembimbingan siswa baru tersebut tidak lagi diserahkan kepada kakak kelas, seperti tahun-tahun lalu, sedangkan pengurus OSIS hanya mendampingi guru yang mengisi kegiatan.

"Sekarang tidak seperti dulu lagi, yang kakak kelasnya melakukan pembimbingan sedangkan guru hanya mengawasi, tetapi ini semua dilakukan oleh guru sedangkan OSIS hanya bantu-bantu saja, " tuturnya.

"Berdasarkan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk kaka tingkat itu tidak boleh lagi mengisi PMLS, artiya harus guru sendiri yang mengisi kegiatan, sedangkan mereka hanya pendamping pembantu saja," jelasnya.

Edi menambahkan, selama tiga hari, peserta didik baru dijejali dengan pembelajaran tatakrama, pembelajaran Peraturan Baris-Berbaris (PBB), upacara bendera, kepramukaan, kurikulum, wawasan wiyatamandala, pendidikan karakter dan cara belajar yang evektif.

"Dan dihari terakhir, siswa-siswi baru ini akan berkenalan dengan guru-guru yang ada disekolah," ungkapnya.

Edi menerangkan, dari beberapa pemahaman yang disampaikan kepada siswa, pendidikan karakter lebih ditonjolkan, karena sesuai dengan arahan yang disampikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Yang lebih ditonjolkan itu pembinaan karakter, pembinaan mental siswa, karena pendidikan karakter ini memang sangat dominan. Meskioun begitu, yang lainnya juga perlu, tetapi yang lebih penting karakter," ujarnya.

"Ini tujuannya agar sopan santunnya lebih baik, karena berdasarkan perintah, ujungnya ini karakter harus dimunculkan untuk tahun ini sebagai pengganti PPKN," terangnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru