Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara akan Bentuk Satgas Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 17 Juli 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemkab Barito Utara akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) guna mengantisipasi terjadinya Karhutla di kabupaten ini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Barito Utara, Suginto Panala Putra, Rabu, 17 Juli 2019 di Muara Teweh.

Menurut Sugianto, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi kesiapsiagaan menghadapi Karhutla guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan, terlebih menghadapi musim kemarau.

Menyikapi bencana kebakaran lahan dan hutan, kata Sugianto, seakan menjadi agenda rutin.  Untuk itu, upaya penangulangan lebih dini menjadi lebih penting untuk dilakukan.

Apabila ada kebakaran semua harus bahu membahu di lahan tersebut. Dengan terbentuknya satgas bisa mengurangi kebakaran lahan di sana.

"Apalagi Barito Utara saat ini menghadapi musim kemarau oleh sebab itu sangat tepat diadakan antisifasi untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan terjadi," kata Sugianto.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Utara, Gajali Montalatua menyampaikan bahwa Satgas sudah disiapkan untuk menangani kebakaran hutan.

Dalam satgas ini terdiri dari BPBD, tim SAR, Kepolisian, Kehutanan, BMKG, dan tim kesehatan. “Tim inilah yang akan terlibat  dalam operasi penangulangan dan pecegahan karlahutla diwilayah Barito Utara," kata Gajali. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru