Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Barito Timur Diajak Tangkal Berita Hoax

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 18 Juli 2019 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barito Timur mengajak masyarakat untuk memerangi berita hoax dan mendulang informasi sebelum beredar luas.

Plt Kepala Diskominfo Barito Timur, Suprayogi mengatakan ajakan ini berdasarkan surat edaran Kementerian Kominfo bahwa per Juni 2019 adanya temuan hoax berada di angka 330.

"Ini sudah turun angkanya dibandingkan Mei yang mencapai 402 hoax," ucapnya, Rabu 17 Juli 2019. Pihaknya terus mengontrol penyebaran berita hoax. Di Barito Timur masih tahap pengembangan dan terus akan menanggulangi penyebaran berita hoax.

"Kita terus kontrol dan berupaya mencegah beredarnya berita hoax, walau kita masih tahap pengembangan karna belum memilik mesin pengais konten negatif (AIS) adalah mesin crawling otomatis seperti yang dimiliki Kemenkominfo," akunya.

Dengan maraknya tentang penyebaran berita hoax yang sangat cepat di media sosial maupun situs resmi seperti Facebook, Twiter, Youtube, WhatsAap dan lainnya.

Diskominfo Bartim bekerjasama dengan penegak hukum maupun dari media-media publik. Kominfo Bartim juga menggandeng gerakan Siberkreasi untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat.

Tujuannya agar masyarakat tidak mudah mempercayai hoax dan informasi yang belum pasti kebenarannya. (PRASOJO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru