Dekranasda Kembangkan Potensi Kerajinan Kerang

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Juli 2019 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kerajinan kerang menjadi salah satu potensi yang bakal dikembangkan Dewan Kerajinan Daerah Nasional (Dekranasda) Kabupaten Sukamara. Hasil kerajinan tangan masyarakat pesisir itu akan dipajang di galeri.

"Potensi kerajinan unggulan yang kita lihat saat ini adalah kerang. Di mana kerajinan kerang ini sudah pernah kita kirim untuk peresmian galerinya Dekranasda provinsi," kata Ketua Deskranasda Sukamara Siti Zulaiha Windu Subagio, Jumat, 19 Juli 2019.

Selain kerang, kerajinan ayaman rotan dan purun juga akan dikembangkan. Sehingga potensi yang ada bisa semakin tumbuh dan dipasarkan secara luas.

"Memang untuk saat ini pengolahan kerajinan yang yang dibuat masih dengan cara manual," ujarnya.

Supaya hasil karya para perajin di Kabupaten Sukamara semakin menarik, Dekranasda juga akan berupaya memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para perajin.

"Ini harus lebih banyak lagi pelatihan pembuatan kerajinan kita," tuturnya.

Siti Zulaiha menambahkan, Dekranasda akan mewadahi para perajin di Bumi Gawi Barinjam. Ditampungnya para perajin tersebut bertujuan untuk mengembangkan produk yang dihasilkan. Sehingga usaha yang digeluti bisa semakin maju.

"Saat ini yang kami lakukan, kami sudah meninjau perajin di Kabupaten Sukamara. Iinsyaallah setelah pengukuhan kami akan menindaklanjuti dan menampung perajin yang memang hasil karyanya sudah bisa kita pasarkan," tutur Siti Zulaiha. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru