Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

358 Unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Disalurkan di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juli 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Kotawaringin Barat menyalurkan sebanyak 358 unit program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di dua Kecamatan tahun ini.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat Disperkimtan Kobar Samsudin mengatakan, BSPS terletak di dua kecamatan, yaitu Arut Selatan dan Kumai. Pembangunan rumah ini tersebar di 10 desa.

"Di Kecamatan Kumai ada 100 unit yang baru, sedangkan sisanya sudah proses perehaban," ujarnya saat ditemui Borneonews di ruang kerjannya, Senin, 22 Juli 2019.

Jumlah BSPS masing - masing kecamatan ini berdasarkan usulan dari kepala desa selanjutnya akan diverifikasi menggunakan sisten elektronik.

"Kalau sekarang yang terbaru, di samping usulan desa kita pakai elketronik rumah yang tidak layak huni nanti diinputkan lalu terdata, mana rumah - rumah yang pantas untuk dapat BSPS," ungkapnya.

Selai itu juga, ada beberapa kriteria lainnya yang dapat bantuan dari program BSPS, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), KTP, KK, harus sudah menikah , kepemilikan tanah yang tidak sengketa dan satu - satunya rumah yang tidak layak. 

Adapun jumlah bantuan itu Rp 17.500.000, pembagiannya Rp 15 juta untuk beli bahan bangunan dan 2.500.000 untuk upah tukang.

"Jadi dana itu langsung dari pusat ke rekening kelompok masing - masing jadi Dinas tidak memegang dana tersebut," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru