Antisipasi Kabut Asap Dinkes Palangka Raya Siapkan Masker Gratis

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 23 Juli 2019 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya menyiapkan dan membagikan masker gratis untuk masyarakat kota Palangka Raya. Masker ini diharapkan bisa meminimalisasi dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan.

"Kami terus melakukan antisipasi sejak dini dalam hal dampak kebakaran hutan dan lahan, salah satunya dengan penyiapan dan pembagian masker secara gratis kepada masyarakat," ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Senin, 22 Juli 2019.

Ia menegaskan, sampai saat ini Dinkes telah membagikan masker gratis kepada masyarakat umum di beberapa titik pembagian, terutama di puskesmas, posyandu, dan layanan kesehatan lainnya, termasuk di jalan raya.

"Jumlah masker yang kami bagikan sampai saat ini mencapai 4000 buah. Semuanya difokuskan di pusat pusat layanan pelayanan kesehatan dan juga jalan raya,” terang Andjar.

Andjar mengatakan, pembagian masker ini ditujukan kepada seluruh masyarakat dengan mengutamakan kelompok masyarakat yang rentan, misalnya pada pada balita, usia lanjut, ibu hamil maupun kepada masyarakat yang menyandang penyakit kronis serta masyarakat umum.

"Di samping membagikan bantuan masker kami juga memberikan vitamin dan antioksidan kepada  petugas yang sedang di lapangan memadamkan kebakaran agar mencegah petugas yang ada tersebut terdampak dan sakit akibat karhutla," tuturnya. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru