Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bank Pembangunan Kalteng Harus Bantu Pelaku UMKM

  • Oleh Naco
  • 23 Juli 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bank Pembangunan Kalteng diminta untuk membantu  para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Dengan demikian maka sektor UMKM ini bisa mendapatkan modal dalam mengembangkan usahanya. Itu diutarakan anggota Komisi II DPRD Kotim, H Dani Rakhman  

Ia mengatakan, meskipun secara umum kinerja Bank Pembangunan Kalteng dinilai bagus sebagai lembaga keuangan, sasaran pembiayaan untuk membantu permodalan UMKM masih belum optimal.

Dia menilai,  keberadaan Bank Pembangunan Kalteng harus memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi masyarakat di daerah. 

Sebab, permodalan mereka juga berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/kota di Kalteng. 

"Dari itu dengan demikian masyrakat yang ada  saat ini memiliki hak untuk mengakses permodalan di bank itu," kata dia, Selasa, 23 Juli 2019

Para pelaku UMKM, lanjut dia, seringkali kesulitan mengakses permodalan melalui pengajuan kredit di bank. Beberapa syarat yang sulit dipenuhi mereka, seperti jumlah minimal pendapatan hingga syarat agunan yang memberatkan.

“Salah satu persoalan yang dihadapi para pelaku UMKM di daerah yakni lemahnya terhadap akses permodalan. Karena itu, kami berharap Bank Pembangunan Kalteng  bisa membantu," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru