Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyusunan Rencana Penggunaan Dana Desa Harus Tepat Sasaran

  • Oleh Reno
  • 24 Juli 2019 - 23:08 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bursa Inovasi Desa dan Pelatihan Sumber Daya Manusia digelar bagi kader pembangunan manusia kluster II Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, dan Danau Sembuluh di Gedung Sebaguna, Kuala Pembuang, Rabu 24 Juli 2019.

Acara tersebut bertujuan membantu pemerintah desa dalam pilihan solusi penyelesaian masalah serta inisiatif kegiatan pembangunan desa dalam penyusunan rencana penggunaan dana desa agar tepat sasaran sesuai dengan inovasi di desa.

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Nomo Koeswoyo ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa sangat penting bagi kepala desa dan perangkatnya terutama dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya yang ada.

"Karena manfaat dari kegiatan ini untuk memberikan alternatif bagi pembagunan di desa terutama bagi kepala desa karena ini dana dari bank dunia melalui kementerian desa turun ke provinsi, selanjutnya ke kabupaten," kata Nomo.

Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan menu alternatif pilihan dari pembangunan di desa, menunya baik infrastruktur, kesehatan maupun inovasi lainnya.

"Tentu banyak inovasi bisa dilihat seperti pembuatan pakan ternak,  inovasi desa tahun 2020 bisa dikembangkan melalui dana desa, karena melalui bursa inovasi desa banyak manfaatnya," imbuhnya.

Nomo menilai, seluruh desa di Kabupaten Seruyan memiliki potensi yang berbeda-beda dan bisa dikembangkan secara maksimal. Terlebih di Desa sudah banyak inovasi yang dikembangkan dan berhasil.

"Sekarangkan tinggal memaksimalkan potensi yang ada, garap yang belum sesuai dengan kearipan lokal di desa, dan terlebih harus banyak koordinasi dengan tim inovasi desa," tukasnya. (RENO/B-2)

Berita Terbaru