Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Command Center Perlu Anggaran Rp 1,5 Miliar

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 Juli 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kota Palangka Raya memerkirakaan pengadaan untuk Command Center memerlukan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar.

“Kami harapkan tahun 2019 sudah ada ruang dan peralatan untuk command center. Anggaran yang diperlukan sekitar Rp 1,5 miliar,” kata Kepala Diskominfosantik Palangka Raya, Aratuni D Djaban, Jumat, 26 Juli 2019.

Menurutnya, anggaran sebesar itu sudah mencakup penambahan CCTV pada beberapa titik yang dinilai rawan di Kota Palangka Raya. 

Pasalnya, command center tidak akan berfungsi tanpa ada jaringan-jaringan pendukung. Seperti CCTV sebagai input datanya serta sumber data potensial lainnya.

“Semuanya pelan pelan termasuk juga jaringan fiber optic yang akan segera dibangun. Sekalian melengkapi peralatan yang ada,” terangnya.  

Dinas Kominfosatik juga akan bekerjasama dengan pihak ketiga menggunakan sistem sewa. Sewa ini dinilai akan lebih efisien jika dibandingkan dengan membangun sendiri.

“Sistim jaringan fiber optic itu high cost (mahal) bisa sampai miliaran, akan lebih optimal jika kita sewa. Sistem sewa juga membuat kita tidak perlu memikirkan maintenance (pemeliharaan),” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru