Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berkat Laporan Masyarakat Petugas Damkar Sukamara Berhasil Padamkan Api dengan Cepat

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Juli 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah kota Sukamara selalu berhasil dipadamkan dan tidak meluas. Hal tersebut karena laporan yang disampaikan masyarakat selalu cepat. 

"Alhamdulillah setiap ada kebakaran, petugas selalu berhasil memadamkannya sehingga kebakaran tidak merambat luas," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Sukamara, Iwan Miraza, Minggu, 28 Juli 2019.

"Ini salah satu faktor utamanya adalah kecepatan masyarakat melaporkan kejadian kepada kita," ujar Iwan.

Menurutnya, hal tersebut sangat membantu petugas pemadam kebakaran, karena apabila kondisi api masih kecil maka pemadaman bisa dilakukan dengan cepat. Sebaliknya, apabila kondisi kebakaran sudah merambat luas maka perlu tenaga ekstra bagi petugas untuk mengatasinya.

"Kami juga sudah memasang spanduk papan nama dan nomor telpon damkar, karena tanpa laporan masyarakat kita akan lambat dan terlambat sehingga harapan saya masyarakat bisa membantu dengan lebih cepat melapor apabila ada kebakaran," pintanya.

Iwan menambahkan, selama Juli 2019, jumlah kebakaran yang pihaknya tangani mengalami peningkatan, dalam sehari petugas bisa mengangani sebanyak 3 titik api.

"Untuk jumlah kebakaran yang ditangani bulan ini sekitar 10 titik api, kalau tidak salah," tukas Iwan Miraza. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru