Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Duga Ada Unsur Kesengajaan pada Peristiwa Karhutla di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Juli 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kapolres Sukamara, AKBP Sulistiyono menduga, kebakaran hutan dan lahan di wilayah hukumnya terjadi karena ada faktor kesengajaan. 

"Kebakaran yang terjadi Kabupaten Sukamara, baik di wilayah kota maupun kecamatan, saya rasa masih ada unsur kesengajaan," kata AKBP Sulistiyono, Senin, 29 Juli 2019.

Pasalnya, masih ada oknum atau pemilik lahan yang ingin membuka lahan dengan cara cepat dan mudah. Dan oknum itu memilih dengan cara membakar.

Dia menegaskan, apabila ada oknum maupun kelompok yang dengan sengaja membakar lahan atau hutan, maka ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Siapa saja yang terbukti melakukan pembakaran dengan sengaja maka akan kita tindak tegas. Kita sudah mengingatkan baik melalui sosialiasi langsung, pesan di media sosial, hingga pemasangan spanduk," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sukamara juga mengimbau agar seluruh masyarakat dapat berperan aktif mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan.

Apalagi saat ini kabut asap mulai muncul. Dan hal tersebut jangan sampai dibiarkan. Harus ada upaya bersama, agar kondisi ini tidak semakin parah dan merugikan semua pihak.

"Ini harus kita cegah, agar kabutnya tidak semakin tebal," pungkas Kapolres Sukamara. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru