Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Upaya Pengembangan Ternak Sapi untuk Atasi Kelangkaan Daging

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Juli 2019 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer menyerankan pemerintah untuk pengembangan ternak sapi. Hal itu merupakan salah satu cara mengatasi kelangkaan daging sapi.

"Misalnya momen Idul Adha seperti saat ini, kita terpaksa mendatangnya sapi dari luar daerah. Sebab, yang ada di peternak kita tidak mampu memenuhi permintaan pasar," kata Prayer, Selasa, 30 Juli 2019.

Menurutnya, upaya pengembangan ternak sapi, jika dilakukan dengan maksimal oleh Pemerintah Kota Palangka Raya melalui dinas terkait, merupakan upaya yang bagus untuk mengatasi kelangkaan daging sapi, serta ketergantungan dari daerah luar.

"Kita selalu mendatangkan dari Pulau Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, bahkan dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan. Padahal dari sisi faktor pendukung, seperti ketersediaan lahan dan bahan pakan ternak, kita masih mencukupi serta bisa dikembangkan," tegasnya.

Dia menjelaskan, jika suatu daerah kekurangan populasi sapi lokal, maka jelas akan berdampak sistemik.

"Dampaknya pasti sistemik, yakni berimbas kepada ketersediaan stok dan ketidakstabilan harga daging di pasaran. Makanya untuk mengatasi itu kita dorong agar pemerintah kota Palangka Raya bisa melirik sektor tersebut," kata dia. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru