Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PTPN V - Apkasindo Siap Percepat Peremajaan Sawit Rakyat

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 01 Agustus 2019 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan kemandirian ekonomi petani sawit, salah satunya dengan peremajaan tanaman kelapa sawit.

Untuk itu, perusahaan perkebunan sawit milik negara, PT Perkebunan Nusantara V, menggandeng Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo). Hal itu demi mempercepat program peremajaan sawit rakyat (PSR). 

"PTPN V sangat 'concern' dengan petani sawit. Karena faktanya CPO (Crude Palm Oil) kami per hari ini di atas 50 persen dari buah (sawit) rakyat," kata Direktur Utama PTPN V Jatmiko K. Santosa di Pekanbaru belum lama ini.

Ia mengatakan PTPN V memiliki rencana panjang untuk membantu petani meningkatkan produktivitas dan kualitas yang setara dengan standar perusahaan perkebunan milik negara terbesar di Bumi Lancang Kuning tersebut, sehingga petani akan memiliki kemandirian ekonomi pada masa mendatang.

Jatmiko menjelaskan pemerintah telah memberikan hadiah istimewa kepada petani sawit, yakni melalui program Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS). Melalui program tersebut, setiap petani berhak mendapat bantuan dana peremajaan sawit Rp25 juta.

Saat ini terdapat plasma PTPN V yang berhasil mendongkrak produktivitas hingga 18 ton per hektare, sedangkan sebagian besar petani swadaya masih jauh dari angka tersebut dan angka rata-rata produktivitas perusahaan.

Melalui program tersebut, diharapkan kesenjangan produktivitas yang kini terjadi antara perusahaan dan petani dapat dipangkas. Petani di kemudian hari bisa memperoleh produktivitas yang baik dan menjadi penyuplai PTPN V untuk menghasilkan CPO berkualitas. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru