Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ISPA Masuk Tanggap Darurat Jika Kasusnya Meningkat Drastis

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Agustus 2019 - 22:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo menekankan kasus penderita ISPA di Kota Palangka Raya masih dalam kategori normal.

Pemerintah pun masih menetapkan status siaga darurat dalam penanganan kasus yang kebanyakan disebabkan kondisi lingkungan buruk ini.

“Angka penderita ISPA masih di kategori normal dan belum menunjukan gerakan yang sangat luar biasa. Kita saat ini masih berstatus siaga,” kata Andjar, Kamis, 1 Agustus 2019.

Walaupun begitu, Andjar mengakui adanya peningkatan, namun dalam jumlah yang kecil. Dan jika ingin membuktikan kabut asap tersebut berdampak pada ISPA, hal tersebut harus melalui jalur yang panjang. 

"Artinya baru bisa dikatakan kabut asap berdampak signifikan jika dalam dua minggu berturut-turut ada kenaikan drastis dua kali lipat dari data yang ada,” katanya.

Ia menegaskan jika memang sampai terjadi kenaikan drastis, pemerintah akan meningkatkan status siaga menjadi tanggap darurat.

“Jika sudah tanggap darurat akan pemerintah langsung yang menangani. BPJS tidak lagi mengcover layanan kesehatannya, tapi semuanya ditanggung pemerintah dengan dana khusus,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru