Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan di Kotawaringin Timur Mulai Berkurang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Agustus 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mulai mengalami penurunan dibanding sebelumnya. Kendati demikian, masih terjadi kebakaran lahan di beberapa daerah.

"Saat ini masih ada beberapa daerah di Kotim yang terjadi kebakaran lahan. Namun dibandingkan beberapa waktu lalu, sudah mulai berkurang. Walau sedikit," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusup, Minggu, 4 Agustus 2019.

Adapun yang masih menjadi fokus pemadaman kebakaran lahan berada di dua kecamatan. Yakni Mentaya Hilir Utara dan Mentaya Hilir Selatan. Di daerah tersebut ada beberapa desa yang terjadi Karhutla, seperti di Desa Bagendang Tengah, Bagendang Hilir, dan Basirih Hilir. 

"Di daerah tersebut kami terus melakukan pemadaman, baik melalui tim Satgas Karhutla di darat, dan juga udara," kata Yusup. 

Satgas udara juga terus melakukan pengeboman air. Terutama di wilayah kebakaran yang sangat sulit terjangkau. Agar api dapat dipadamkan dan tidak terus-menerus membesar.

"Antisipasi terus kami lakukan. Kami tidak ingin kebakaran terus meluas," harap Yusup. 

Sementara, sejak awal Juli 2019 hingga Agustus 2019 ini, setidaknya ada 107 hektare lahan yang terbakar. Dan sekitar 40 % lebih sudah berhasil dipadamkan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru