Pemkab Sukamara Bentuk dan Gabung Sejumlah Dinas

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Agustus 2019 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara akan membentuk dinas baru dan menggabungkan beberapa instansi yang ada sesuai dengan penamaan nomenklatur perangkat daerah.

"Untuk  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Perkim) digabung menjadi Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman," ujar Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, Minggu, 4 Agustus 2019.

Kemudian, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDPP-PA) akan diubah menjadi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD).

Sedangkan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Dukcapil-KB) dipisah, sehingga menjadi  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

"Sementara itu, untuk KB digabung dengan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak menjadi dinas baru, yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB)," tutur Ahmadi.

Selanjutnya, Pemkab Sukamara juga akan membentuk perangkat daerah baru yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, telah disampaikan kepada legislatif untuk dibahas. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru