DPD Fordayak Barito Timur dan Gunung Mas Sepakat Lestarikan Situs Budaya Dayak

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 05 Agustus 2019 - 18:02 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Forum Pemuda Dayak Kalimantan Tengah (Fordayak-KT) Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Gunung Mas sepakat melestarikan situs budaya di Bumi Tambun Bungai agar lebih dikenal dikalangan umum hingga luar daerah.

"Selama ini masih banyak situs budaya di Kalteng belum dikenal masyarakat dan sering ditinggalkan begitu saja," ucap Ketua Fordayak Barito Timur, Raffi Hidayatullah.

Kedatangan Ketua Fordayak Gunung Mas bersama rombongan ke Barito Timur diajak melihat situs bersejarah tempat penyimpanan benda pusaka leluhur Singa Djarang di Desa Paku-Beto Kecamatan Paku.

Untuk melestarikan situs budaya di Barito Timur rencananya ahli waris juga akan melakukan ritual adat pembersihan pusaka pada 2020. Hal ini untuk menjaga benda-benda bertuah tersebut tetap terjaga dengan baik oleh keturunannya.

"Dinas parwisata juga akan bersinergi bersama Fordayak dalam optimalisasi potensi objek wisata untuk memberikan kontribusi PAD," ujarnya.

Untuk itu Raffi berharap tidak hanya di Bartim saja, namun di wilayah lain juga mendapat perhatian yang sama oleh pemerintah daerah melestarikan situs budaya yang kurang diperhatikan.

"Semoga situs adat di daerah yang belum tersentuh bisa selalu diperhatikan oleh pemerintah daerah dan masyarakat," pungkansya. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru