Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Minta Bantuan Helikopter Water Bombing Selama 2 Hari

  • Oleh Reno
  • 08 Agustus 2019 - 08:44 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Parahnya kebakaran hutan dan lahan di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan membuat Tim Karhutla pemkab setempat meminta bantuan helikopter water bombing yang stand by di Bandara H Asan Sampit.

"Karena waktu itu, kebakaran lahan yang cukup besar dan tidak mampu dijangkau oleh tim darat. Makanya kita minta bantuan hekikoter waterbombing dari Sampit," kata Sekda Seruyan Haryono, Kamis, 8  Agustus 2019.

Menurut Haryono, salah satu kendala yang dihadapi oleh tim darat ketika api membesar di wilayah yang jauh dari akses jalan dan sumber air. Sehingga tidak bisa ditangani melakui tim darat.

"Karena rata-rata jauh dari jalan utama. Sekitar kilometer masuk ke dalam. Tim darat dengan peralatan yang ada hanya memaksimalkan yang terjangkau saja," jelasnya.

Sehingga dengan keberadaan helikopter water bombing cukup membantu untuk memadamkan api yang berada di tengah lahan dan hutan.

"Karena rata-rata juga yang terbakar itu jauh dari akses jalan utama. Tim menggotong peralatan itu berkilo-kilo dan mencari sumber air yang dianggap lebih dekat dengan tempat terjadinya kebakaran lahan," sebutnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru