Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Disebabkan Ulah Manusia

  • Oleh Reno
  • 08 Agustus 2019 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Seruyan, Agung Sulistyono, menyebut bahwa penyebab kebakaran lahan dipastikan ulah manusia.

"Pasti dibakar (manusia), tidak ada api tiba-tiba muncul. Untuk pengungkapan siapa pelakunya, kita serahkan ke kepolisian. Sekarang mungkin sedang diselidiki," kata Agung, Rabu, 7 Agustus 2019.

Menurutnya, kebakaran lahan tahun ini dinilai lebih parah bila dibandingan dengan 2018. Bahkan untuk memadamkan api yang besar dalam satu hamparan, tim penanganan darat karhutla tidak mampu melakukannya.

"Kita terpaksa meminta bantuan Pemprov Kalteng untuk mengirim helikopter water bombing. Ada dua hari helikopter melakukan pemadaman api," ujarnya.

Kebakaran lahan akan menyebabkan banyak kerugian. Selain rusaknya lingkungan, juga menghambat aktivitas masyarakat serta dapat menimbulkan penyakit.

"Untuk itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat supaya tidak membakar lahan. Mari kita jaga lingkungan kita, jaga kesehatan kita," ucapnya. (RENO/B-3)

Berita Terbaru