Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Jangan Memancing Pelaku Kriminal 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 09 Agustus 2019 - 14:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diminta agar selalu berhati-hati saat keluar rumah dan jangan memancing pelaku kejahatan. Salah satunya, kaum perempuan agar tidak membawa barang berharga secara terang-terangan saat bepergian.

"Saya harap masyarakat harus berhati-hati. Jangan sembarangan menaruh atau menggunakan barang berharga. Karena bisa saja mengundang pelaku kriminal untuk beraksi," kata Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel melalui wakilnya, Kompol Endro Aribowo, Jumat, 9 Agustus 2019. 

Dia mengatakan, pelaku kriminal lebih sering beraksi karena memiliki kesempatan. Dan yang harus dilakukan masyarakat agar tidak menjadi korban, adalah dengan tidak menggunakan perhiasan mencolok, serta menaruh barang berharga di sembarang tempat.

"Kalau membawa dompet taruh di bawah jok, telepon genggam juga jangan ditaruh di kantong belakang. Karena akan memudahkan pencopet, penjambret, dan pelaku kriminal lainnya beraksi," kata Endro. 

Masyarakat lebih baik menghindari dan mengantisipasi lebih dulu daripada menjadi korban nantinya. Karena sudah banyak contoh di daerah ini. Rata-rata korban pelaku kriminal adalah masyarakat yang lalai menaruh barang berharganya. Sehingga memudahkan pelaku beraksi. 

"Penjambretan terhadap ibu-ibu kemaren harus menjadi contoh, agar tidak ada korban lainnya," terang Endro. 

Pada Rabu, 7 Agustus 2019 lalu, seorang ibu-ibu menjadi korban penjambretan. Korban menaruh dompet di keranjang depan motornya. Beruntung kedua pelaku dapat ditangkap. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru