Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Periksa 26 Titik Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Agustus 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Syamsir Hidayat mengatakan, ada 26 lokasi yang akan pihaknya datangi untuk melakukan pemeriksaan post morten.

"Ada 26 titik atau lokasi pemotongan hewan kurban yang akan kita datangi hari ini," ucap Syamsir Hidayat, Minggu, 11 Agustus 2019. Lokasi yang didatangi mulai dari masjid, musola, surau dan perorangan.

Menurut Syamsir, pemeriksaan hewan kurban pascadipotong tersebut bertujuan untuk mendeteksi dan mengeleminasi kelainan pada daging dan jaroan sapi, serta untuk menjamin keamanan dan kesehatan kurban.

"Selain memeriksa, jeroan dan daging, kita juga melakukan pemeriksaan pada kepala, jantung, hati, ginjal, limpa dan karkas," ujarnya.

Syamsir menambahkan, post morten juga untuk memastikan hasil dari pemeriksaan kesehatan hawan kurban yang dilakukan tim pada saat di kandang sama dengan kondisi setelah disembelih.

"Pemeriksaan ini juga untuk meneguhkan diagnosa ante morten untuk jeroan dan daging kurban yang sehat, aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat," jelas Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru