Dinas Lingkungan Hidup Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Ramadani
  • 14 Agustus 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara, melaksanakan sosialisasi kebijakan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu 14 Agustus 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Utara, Suriawan Prihandi mengatakan, kebakaran hutan merupakan bencana yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia, khususnya wilayah Sumatera dan Kalimantan, termasuk Barito Utara.

“Kebakaran hutan dan lahan merupakan isu nasional dan regional. Karena dampak asap yang ditimbulkan bisa menyebar sampai ke negara tetangga,” imbuhnya.

Adapun sosialisasi tersebut diikuti kepala dinas, camat, kepala desa, instansi pemerintahan, dan perusahaan besar swasta di Kabupaten Barito Utara.

Sementara itu, Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra saat membuka kegiatan mengatakan upaya penangulangan kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggungjawab bersama. Sehingga perlu ada sinergitas semua pihak.

“Saya mengajak seluruh jajaran pemkab, TNI, Polri, serta para pengusaha di bidang perkebunan, pertambangan dan HPH untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla,” kata Sugianto.

Apalagi, ada instruksi Presiden RI nomor 11 tahun 2015 tentang Peningkatan Pengendalian Karhutla, dan harus diperhatikan bersama. Isinya, mengintruksikan kepada bupati/walikota agar melakukan tugas pengendalian karhutla dibantu TNI dan Polri.

“Berdasarkan prediksi BMKG, puncak kemarau akan terjadi di bulan Agustus - September 2019 dengan kondisi lebih kering dari 2018. Sehingga, diperlukan kewaspadaan lebih tinggi dari semua pihak,” katanya.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru