Bantuan Air Bersih Mulai Disalurkan ke Wilayah Selatan Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Agustus 2019 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mulai menyalurkan bantuan air bersih ke wilayah selatan. Pasalnya, sejumlah daerah di sana sudah mulai mengalami kekeringan.

"Daerah selatan terutama di Kecamatan Teluk Sampit, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, dan Pulau Hanaut sudah mulai mengalami kekeringan. Kami langsung melakukan rapat untuk memberikan bantuan ke daerah tersebut," kata Bupati Kotim, Supian Hadi, Kamis, 15 Agustus 2019.

Dia juga meminta seluruh kepala desa dan kecamatan untuk segera melaporkan perhal kebutuhan. Sehingga bisa segera diberikan bantuan untuk kebutuhan air bersih masyarakat.

Sementara, Kamis, 15 Agustus 2019, pihaknya sudah menyalurkan bantuan air bersih melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kotim. Dengan tujuan Desa Bagendang Hilir, Kecamatan Mentaya Hilir Utara. Total air bersih sebanyak 5.000 liter untuk 450 jiwa.

"Hari ini sebuah mobil tangki milik PMI kami siagakan. Karena tangki tersebut memang khusus untuk air minum. Sehingga sementara ini, baru satu truk tangki yang kami siagakan," kata Supian Hadi. 

Dia juga meminta kepada Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dharma Tirta Sampit untuk siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

"Sementara ini, kondisi air sungai di daerah tersebut juga terkadang asin. Warga masih menggunakan air hujan yang sudah disimpan sejak sebelum kemarau," pungkasnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru